Rabu, 09 Mei 2018

Tips Mengatasi Takut Naik Pesawat


Dalam dunia ini ada banyak ketakutan berlebihan tentang sesuatu, salah satunya adalah takut terbang dan juga ketakutan yang menyangkut dunia penerbangan. Hal ini tentunya akan cukup menyulitkan, terlebih bagi mereka yang diharuskan memiliki mobilitas tinggi yang tidak bisa hanya dicapai menggunakan moda transportasi darat dan laut saja.

Bahkan ketakutan semacam ini tidak hanya dialami orang biasa, para pesohor dan orang penting sekali pun juga banyak yang mengalami ketakutan serupa. Namun ada beberapa tips mengatasi takut naik pesawat yang bisa kamu pergunakan untuk mengatasinya.

Sebelum membahas mengenai tips, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu beberapa phobia yang bisa muncul ketika akan menjalani perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang.

·        Aerophobia
Orang yang memiliki phobia ini bukan hanya cemas ketika sedang mengudara saja, dia bahkan cemas ketika ada di dalam semua benda yang berhubungan dengan penerbangan walaupun belum lepas landas. Orang-orang ini bisa sangat cemas ketika berada di dalam helikopter, pesawat terbang dan benda terbang lainnya. Mereka akan sangat menghindari bepergian menggunakan pesawat terbang, namun jika mereka terpaksa harus terbang, maka mereka akan menderita kecemasan dan kepanikan berlebihan.

·        Aviophobia
Perbedaan aviophobia dengan aerophobia adalah penderitanya hanya cemas ketika sedang terbang di dalam pesawat. Intensitas kepanikan seseoranglah yang menentukan apakah seseorang tersebut disebut aviophobia atau hanya kecemasan biasa. Seseorang dikatakan sebagai penderita aviophobia jika dia merasakan kecemasan dan kepanikan lebih dari 10 menit sejak masuk ke dalam kabin dan lepas landas. Walaupun untuk penerbangan dengan tiket pesawat domestik yang rentang waktunya pendek, seseorang dengan penderita phobia ini akan tetap merasak panik yang berlebihan.

·        Acrophobia
Phobia yang satu ini memang tidak berhubungan langsung dengan dunia penerbangan, tetapi tetap berkaitan. Seseorang yang menderita acrophobia atau ketakutan terhadap ketinggian pasti juga akan merasakan kecemasan dan kepanikan ketika bepergian menggunakan pesawat terbang.

Jika kamu termasuk dalam beberapa golongan yang menderita ketakutan berlebihan seperti yang tertera di atas, maka kamu memang butuh perlakuan ekstra agar bisa tetap tenang saat akan menggunakan moda transportasi pesawat terbang.

Alihkan Kecemasan
Hal pertama agar kamu tidak panik adalah mempersiapkan segala sesuatunya sebelum sampai ke bandara. Pastikan kamu sudah membawa semua hal yang diperlukan, baik pakaian, obat, tiket pesawat domestik maupun luar negeri, paspor dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk tidak terlambat, sebab saat terburu-buru kamu akan menjadi lebih mudah panik. Jika pikiran tentang kekuatiran tersebut muncul, alihkan dengan memikirkan hal menyenangkan dan juga lucu yang bisa membuatmu tertawa dan mengurangi tekanan.

·        Meditasi
Meditasi adalah salah satu solusi yang sering diterapkan oleh beberapa orang yang menderita phobia untuk menetralisir kepanikan mereka. Ada banyak cara meditasi yang bisa kamu temukan di buku panduan maupun internet. Salah satu caranya adalah dengan mengambil napas dalam setelah itu hembuskan dengan perlahan hingga detak jantungmu mulai normal.

·       Tuliskan Pengalaman Kamu
Seringkali menulis bisa menjadi terapi yang ampuh mengatasi kepanikan. Dengan menulis, kamu mencoba untuk jujur dengan apa yang kamu alami. Menulis juga membuatmu bisa berkomunikasi dengan alam bawah sadar. Selain menuliskan kecemasan, kamu bisa mencoba untuk menulis yang lebih bernada ceria, seperti bagaimana kamu memperoleh tiket penerbangan domestik pertama, perjalanan menyenangkan apa yang akan kamu peroleh dengan penerbangan tersebut dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar