Sabtu, 04 Januari 2020

Jarang Diketahui, Tapi Ini 10 Fakta Menarik Tentang Anjing

Anjing sudah lama diakui sebagai sahabat terbaik manusia. Hewan berkaki empat ini bukan hanya dikenal setia, tetapi juga sangat penyayang serta pandai. Namun, tidak banyak fakta yang diketahui orang tentang anjing. Berikut ini beberapa fakta unik mengenai anjing yang wajib kamu ketahui:

1. Pendeteksi Kanker
Sel-sel kanker yang ada di dalam tubuh manusia dapat menghasilkan limbah metabolisme. Produk sisa ini lain dari yang dihasilkan oleh sel yang sehat.
Anjing dapat menemukan perbedaan ini. Salah satu cara anjing mendeteksi perubahan ini dan menemukan sel kanker adalah dari napas manusia yang diendusnya. 

2. Misteri Anjing Jantan Yang Kencing Berdiri
Ketika melakukan gerakan tersebut, tentu bukan tanpa alasan. Hal ini mereka lakukan agar terlihat lebih besar dari anjing lain. Penelitian ini dilakukan oleh Cornell University. Anjing kecil biasanya memilih tempat yang lebih tinggi agar anjing jantan lain terkelabui. Hal ini normal terkait dengan Alpha Male.

3. Kecerdasan Anjing Sebanding Bayi Berumur 2 Tahun.
Menurut American Physhicological Association, anjing dapat mengerti hingga 250 kata. Hal ini sama halnya dengan kemampuan anak batita.

4. Kuatnya Indera Penciuman Anjing
Kekuatan indera penciuman anjing memang sudah tidak diragukan lagi. Maka dari itu, anjing kerap digunakan sebagai alat pelacak, baik untuk mencari jejak maupun untuk menemukan narkoba dan barang lainnya. 
Hal ini dikarenakan kekuatan indera mereka bisa sampai 100.000 kali lebih akurat daripada manusia.

5. Posisi Tidur Anjing Yang Meringkuk
Posisi meringkuk seperti bola dilakukan anjing agar organ penting mereka terlindungi. Selain itu, posisi demikian bisa menghangatkan badan anjing. Tapi memang tidak selamanya mereka tidur dalam posisi seperti itu, terkadang mereka juga berbaring biasa. Hal seperti ini menandakan bahwa mereka sudah nyaman dan merasa bahwa berada di lingkungan yang aman.

6. Anjing memiliki tiga kelopak mata.
Baru tahu ya? Hal ini wajar saja karena satu dari tiga kelopak mata tersebut tersembunyi. Jadi yang selama ini kita lihat memang Cuma ada dua. Letak kelopak ketiga ada di sudut dalam mata anjing dan memiliki kelenjar air mata yang tak terlihat.

7. Cara Anjing Minum
Karena tidak mempunyai pipi, maka mereka minum dengan punggung lidahnya. Hal ini dilakukan agar mereka bisa menghisap seperti layaknya manusia ketika minum.

8. Anjing Dapat Juga Cemburu
Ternyata anjing juga memiliki emosi seperti manusia, walaupun tidak sekompleks yang dipunyai oleh manusia. Salah satu emosi yang kerap ditunjukkan anjing adalah cemburu. Pasti kamu sering melihat ketika anjing berebutan ingin dipeluk pleh tuannya, bukan?
Selain itu, anjing juga peka terhadap bentuk keadilan. Hal ini terjadi ketika kita memberikan hadiah setelah mereka melakukan apa yang kita suruh. Mereka akan ingat terhadap hal ini dan akan protes jika kita tidak melakukan hal yang sesuai seperti yang sudah disepakati.

9. Anjing Juga Berkeringat
Sebagaimana dituturkan oleh Pet MD, pada bagian telapak kaki anjing terdapat jaringan empuk mirip bantalan yang memuat kelenjar merokrin. Kelenjar inilah yang menghasilkan keringat bagi anjing.

10. Anjing Juga Bermimpi
Siapa bilang jika mimpi hanya monopoli manusia? Ternyata otak anjing juga memiliki kegunaan yang sama seperti otak manusia ketika mereka tidur. Anjing bermimpi ketika mereka memasuki masa REM. Pernah melihat kaki anjing bergerak ketika tidur? Bisa jadi mereka saat itu sedang bermimpi.

Nah, itu tadi beberapa fakta unik mengenai anjing yang jarang diketahui. Setiap anjing memiliki karakter yang berbeda, namun walau demikian, tidak pernah ada yang dinamakan anjing jahat. Mereka semua dibentuk oleh manusia dan juga lingkungannya. Jadi, kamu tertarik memiliki anjing?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar