Sabtu, 04 Januari 2020

Tips Hemat Berlibur ke Taman Nasional Kepulauan Togean

Kamu belum pernah berlibur ke Taman Nasional Laut Kepulauan Togean? Tempat ini merupakan surga bagi mereka yang menyukai keindahan pantai berpasir putih dan juga pencari sensasi menyelam di bawah laut. Taman yang tepatnya berada di Teluk Tomini ini sudah banyak menyedot wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Taman yang merupakan aset wisata dari  Kabupaten Tojo Una-una, Provinsi Sulawesi Tengah ini merupakan destinasi wisata yang harus kamu kunjungi. Tapi banyak yang memikirkan tentang anggaran ketika ingin berlibur ke sana. Padahal ada tips hemat berlibur ke Taman Nasional Kepulauan Togean yang cocok untuk para bacpackers.

Transportasi
Untuk menghemat anggaran, kamu bisa mencari tiket pesawat murah menuju Gorontalo, kemudian dari Bandara Jalaluddin Gorontalo, kamu bisa meneruskan perjalanan menuju Pelabuhan Gorontalo dengan menggunakan kendaraan. Sesampainya di pelabuhan, kamu bisa menggunakan kapal feri Tuna Tomini menuju Wakai, Togean.

Tapi, sesuaikan jadwal perjalananmu jika kamu ingin menggunakan kapal ini, sebab jadwal operasi kapal hanya pada hari Selasa dan Jum’at pada pukul 18.00 WITA. Selain itu, kamu membutuhkan tenaga untuk menempuh perjalanan selama 12 jam. Pergunakan kacamata terbaikmu untuk menikmati perjalanan di laut tanpa perlu merasa terganggu dengan silaunya mentari. Perjalanan ini merupakan perjalanan yang paling murah di antara transportasi lainnya.

Jika kamu ingin mencapai Togean (Dolong Waleakodi) via Bumbulan Paguat di Kabupaten Gorontalo dari kota Gorontalo, kamu harus menempuh perjalanan selama 3 jam terlebih dahulu untuk bisa sampai ke tempat bersandarnya kapal Cengkeh Afo. Setelah itu, kamu harus meneruskan perjalanan via laut selama 6 jam. Jadwal operasi kapal Cengkeh Afo adalah hari Senin dan Kamis pukul 08.00 WITA.

Selain via Gorontalo, kamu juga bisa mengambil rute via Palu yang memiliki jadwal keberangkatan kapal lebih banyak. Tetapi kamu harus mengoper armada beberapa kali sebelum bisa sampai ke pelabuhan.

Akomodasi
Untuk penghematan, maka kamu bisa memilih akomodasi berupa homestay yang bisa kamu dapatkan dengan harga termurah sekitar Rp 200 ribu per malam. Fasilitas yang bisa kamu dapatkan juga cukup lengkap, yaitu kamar mandi dalam dan juga makan 3 kali sehari termasuk teh dan kopi. Untuk sewa homestay di sini bisanya tidak dihitung per kamar, tetapi per orang.

Kamu juga bisa memilih untuk menginap di mana kamu suka. Sebab Togean terdiri dari beberapa pulau kecil yang memiliki daya tarik tersendiri. Maka penginapan pun tersebar di seluruh daerah. Untuk pilihan homestay terbanyak, kamu bisa dapatkan di Pulau Wakai, yang juga merupakan pulau terbesar. Sedangkan Pulau Kaididri merupakan pulau yang paling dikenal di antara pulau lainnya. Di pulau ini kamu bisa menikmati pantai paling indah. Jangan lupa membawa kacamata favoritmu ketika menikmati pesona pantai di sini.

Aktivitas
Kamu tidak akan kehabisan ide untuk menikmati keindahan alam pulau Togean. Dengan 596 spesies ikan, 262 spesies karang serta puluhan jenis binatang laut lainnya, pulau ini merupaka pulau yang paling sesuai untuk menyelam. Jika kamu tidak bisa menyelam, kamu masih bisa berjemur di pantai sambil bermain pasir pantai. Menikmati keindahan sinar mentari pagi dan sore di pantai berpasir putih sambil berswafoto mengenakan kacamata terbaikmu.

Kamu juga bisa menyewa perahu yang harganya cukup bervariasi, mulai dari Rp. 550.000. Kapasitas perahu ini adalah untuk 8 orang. Perjalananmu dengan perahu ini akan sangat pantas dinikmati dengan mengitari pulau Kadidiri, Katupat, Malenge dan Waleakodi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar