Senin, 07 Mei 2012

Bintang : Sebuah Metafora


Menurut wikipedia definisi bintang adalah :
"Benda langit yang memancarkan cahaya"

Ada banyak contoh bintang. Matahari, bulan, dan sirius adalah contohnya. Masih banyak yang lain lagi tentunya.

Tanpa bintang mungkin kita akan melihat langit dengan cara yang berbeda. Bintang memberi kita dan alam semesta ini, banyak hal untuk dipelajari.

Jadi inget waktu masih di rumah lama, waktu langit cerah, aku sering naik ke loteng buat ngeliat bintang. Rasanya menakjubkan melihat kerlipnya diantara hamparan langit yang luas.

Bintang banyak mengilhami orang, sehingga menjadikannya sebagai salah satu penanda prestasi. Sebut saja "bintang kelas", "hotel berbintang", "superstar" dll.

Bintang itu aku.

Bintang juga adalah metafora diriku, karena aku yakin di dalam diriku ada kekuatan untuk membuatku bersinar.

Sebenarnya, menurut pendapatku, semua orang adalah bintang untuk dirinya dan untuk orang2 yang menyayangi mereka, tapi kadang karena banyak hal luminositas mereka sebagai bintang berkurang.

Mungkin aku juga termasuk salah satu bintang yang redup itu, tapi aku masih punya banyak kesempatan untuk bersinar. Bahkan bintang yang sudah tidak mengeluarkan sinar-pun masih dianggap bintang, karena mereka pada dasarnya adalah bintang. They are there to be a star.

Aku pengen "bersinar" secara holistik, keseluruhan. Jadi tubuh, jiwa, dan ragaku menjadi satu kesatuan yang utuh yang bersinar. Bukan cuma masalah materi atau ketenaran, tapi lebih ke fungsional, bagamana aku bisa membawa dampak positif bagi orang lain.

Jalannya masih sangat panjang, tapi bukan berarti nggak bisa. Aku nggak tau waktunya tapi aku tau itu nggak lama lagi. Masih ada banyak tugas hingga bisa sampai ke taraf "bintang yang bersinar terang." Harus ada yang dikorbankan dan diusahakan. Ada harga yang harus dibayar.

Aku berharap aku juga bisa membuat bintang2 redup di sekelilingku menjadi bintang yang kembali bersinar terangnya. Mungkin kami bisa membuat gugusan rasi bintang, yang pada akhirnya bisa membawa manfaat bagi orang lain.

Menjadi bintang nggak harus berdiri sendiri, kan?? Contohnya rasi bintang biduk, dgn kumpulan bintang ini bisa menolong nelayan menemukan arah mereka sewaktu ada di laut.


Menyenangkan sepertinya walau cuma dengan ngebayangin aja. Tapi aku nggak boleh cukup puas. Benahi diri sendiri dulu, sebelum membenahi orang lain. Jalannya nggak mudah, tapi pasti bisa.

Aku punya Tuhan yang luar biasa, keluarga yang mengasihku dan sahabat2 yang mendukungku.

Be a sparkling superstar is my destiny!!!

SEMANGAT!!!!

2 komentar:

  1. bulan bukan bagian dari bintang..
    karena bintang itu hanya benda langit yang dapat memancarkan cahaya nya sendiri, sedangkan bulan hanya menerima pantylan cahaya dari matahari..

    BalasHapus